"Yaa Sayyidi Yaa Rasulullah.mp3"

Mencari Lailatul Qadar

>> Senin, 23 Agustus 2010

Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ ) (malam ketetapan) adalah satu malam yang sangat istimewa dan terjadi pada bulan Ramadhan, deskripsi Al Qur'an tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat Al Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur'an yang menjelaskan yang nilai ibadah di malam ini lebih dari seribu bulan, dan pada malam ini malaikat Jibril dan lainnya turun ke dunia untuk mengatur segala urusan. Dan kemuliaan malam itu hingga terbit fajar.
Namun di malam lailatulqadr itu ada yg disebut SA'ATUL IJAABAH, suatu saat yg cuma beberapa detik saja, yg barangsiapa berdoa pada saat itu pastilah dikabulkan Allah swt, saat - saat mulia itu ada juga di setiap hari jumat, sebagaimana diriwayatkan dalam Shahih Bukhari.
Jadi lailatul qadr bukan suatu saat tertentu, tapi suatu malam tertentu, maka siapa saja yg beribadah di malam itu dihitung ibadah 1000 bulan.
Mengenai kapan lailatulqadar berdasarkan beberapa riwayat yang menjelaskan malam lailatul qadar adalah malam 27 ramadhan, yg mana keesokan harinya matahari terbit namun tidak bersinar(tertutup awan tipis). (Shahih Muslim hadits no.762).Malam lailatulqadar adalah 7 malam terakhir di bulan ramadhan (Shahih Muslim hadits no.1165). Malam lailatulqadar adalah sepuluh hari terakhir di malam ganjilnya (Shahih Muslim hadits no.1165)
Dalam Dalam Kitab i'anattut thalibin Al Imam Gazali : Jika awal puasa senen lailatul qadar jatuh malam ke 21, awal puasa sabtu jatuh ke malam ke 23,awal puasa kamis jatuh di malam ke 25,awal puasa selasa/jum'at jatuh pada malam ke 27, awal puasa ahad/rabu jatuh pada malam ke 29.
Dan masih banyak lagi riwayat lainnya yg menggambarkan malam mulia ini, siapapun Ummat Muhammad saw bisa mendapatkannya, namun kembali kepada diri mereka sendiri maukah mereka mendapatkannya dengan banyak berdzikir di malam hari, mninggalkan kesibukan dunianya di malam malam mulia itu.
Untuk memastikan kita mendapat lailatul qadr maka kita beribadah setiap malam saja, misalnya setiap hari di bulan ramadhan kita tarawih, tambah istighfar misalnya 1000x ,atau membaca alqur'an, maka pastilah salah satunya mengenai malam lailatul qadr.
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda artinya :" Barang siapa berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" [Hadits Riwayat Bukhari 4/217 dan Muslim 759]
Telah diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah Radhiyallahu 'anha, (dia) berkata : "Aku bertanya, "Ya Rasulullah ! Apa pendapatmu jika aku tahu kapan malam Lailatul Qadar (terjadi), apa yang harus aku ucapkan ?" Beliau menjawab, "Ucapkanlah :

"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul afwa fa'fu'annii"

artinya : "Ya Allah Engkau Maha Pengampun dan mencintai orang yang meminta ampunan, maka ampunilah aku"

Dari Aisyah Radhiyallahu 'anha artinya : "Adalah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, apabila masuk pada sepuluh hari (terakhir bulan Ramadhan), beliau mengencanngkan kainnya menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya" [Hadits Riwayat Bukhari 4/233 dan Muslim 1174]

Juga dari Aisyah, (dia berkata) :artinya :" Adalah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersungguh-sungguh (beribadah apabila telah masuk) malam kesepuluh (terakhir) yang tidak pernah beliau lakukan pada malam-malam lainnya" [Hadits Riwayat Muslim 1174]

0 komentar:

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP