"Yaa Sayyidi Yaa Rasulullah.mp3"

Kebahagiaan

>> Minggu, 25 April 2010


Sebelum membahas kebahagiaan, kita harus paham kebahagiaan itu berbeda dengan kenikmatan, Kenikmatan adalah yang kepuasan yang dirasakan oleh dhohir kita, seperti makanan, minuman, menghirup udara segar, mencium wangi – wangian, bersetubuh, melihat yang indah – indah, melihat yang cantik – cantik dan lain – lain yang selalu kita rasakan enak dengan panca indera kita, sedangkan kebahagiaan adalah kondisi terpuaskannya bathin kita. ketika kita mengisi teka – teki silang lalu semua kolom dan baris terisi, walapun teka – teki itu tidak ada hadiahnya maka ada rasa yang enak, nyaman, dan puas yang kita rasakan, itulah contoh sederhana yang mendefinisikan kebahagiaan. Bagaimana untuk mencapai kebahagiaan, kita harus memiliki pengetahuan meliputi:

  • Pengetahuan tentang diri sendiri yang sebenarnya, ada dalam pengetahuan tentang siapakah anda, dan dari mana anda datang? Kemana anda pergi, apa tujuan anda datang lalu tinggal sejenak di sini, serta di manakah kebahagiaan anda dan kesedihan anda yang sebenarnya berada? Tahukah anda bahwa sebagian sifat anda adalah sifat-sifat binatang, sebagian yang lain adalah sifat-sifat setan dan selebihnya sifat-sifat malaikat? Mesti anda temukan, mana di antara sifat-sifat ini yang aksidental dan mana yang esensial (pokok). Sebelum anda ketahui hal ini, tak akan bisa anda temukan letak kebahagiaan anda yang sebenarnya. Rasulullah bersabda "Dia yang mengenal dirinya, mengenal Allah." Artinya, dengan merenungkan wujud dan sifat - sifatnya, manusia sampai pada sebagian pengetahuan tentang Tuhan dan menjadi sadar bahwa rahmat Allah adalah sebesar kekuasaan dan kebijakan- Nya, sebagaimana Ia sendiri berkata: "Rahmat-Ku lebih luas dari kutukan-Ku."
  • Pengetahuan tentang dunia, di dunia kita dengan menggunakan indera-indera jasmaniah, memperoleh sejumlah pengetahuan tentang karya-karya Allah, melalui karya-karya tersebut kita memperoleh pandangan tentang Allah. Yang pada akhirnya menyadarkan kita bahwa dunia ini seperti sebuah pasar yang disinggahi oleh para musafir di tengah perjalannya ke tempat lain dan mereka membekali diri dengan berbagai perbekalan untuk perjalanan itu, sehingga kita mengetahui dimana hakikat letak kebahagiaan kita.

  • Pengetahuan tentang Tuhan akan membawa kita menyadari bahwa Allah adalah Robb kita, yang menciptakan alam semesta ini, menciptakan bumi tempat kita berpijak, tempat kita lahir dan menikmati rezekiNya, Dialah yang memiliki, Dialah yang memberi, Dialah yang mentukan hidup dan mati kita. Tuhan adalah rahasia terbesar dari jagad raya ini, sumber dari segala sumber. Sangat masuk akal kalo ada orang yang ingin bahagia maka ia harus mengenal Tuhannya.

0 komentar:

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP